Rabu, 02 Desember 2009

khusyu mengerjakan sholat


sholat merupakan tiang agama dan ibadah yang paling utama bagi umat islam bahkan sholat merupakan amalan yang yang pertama kali di hisap di akherat nanti apabila sholatnya baik insaallah amal yang lainya baik pula , untuk itu dalam mengerjakan sholat kita tidak boleh asal-asalan kita harus khuyu dan sesuai dengan aturan tata cara sholat yang benar. sering kita jumpai orang sholat dengan aturan sendiri tidak sesui dengan kaidah islam yang ada. dengan demikian orang sholatnya tidak sempurna dengan secara tidak langsung amalan yang lainya tidak baik pula.
sabda rasulullah saw ;

Sebagaimana Rasulullah bersabda, yang artinya ,” Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali dihisap pada hari kiamat adalah shalatnya “.
Beliau bersabda, “ Allah berkata kepada para malaikat-Nya – dan Dia Maha Mengetahui ,” Lihatlah amal shalat hamba-Ku, dia melengkapi atau menguranginya, kalau dia sempurna maka tulislah sempurna”.
“Kalau sedikit saja yang dikurangi, Allah berkata ,” Lihatlah apakah hamba-Ku melakukan shalat sunnah “. Kalau seorang hamba melakukan shalat sunnah maka Allah berkata ,” Sempurnakanlah shalat wajib hamba-Ku dengan shalat sunnahnya, lalu hitunglah amalnya sesuai dengan shalatnya ,” (Hr At Tirmidzi, Abu DAwud, An-Nasa’I, Ibn Majah, Ad Darimi dan Ahmad).

untuk itu kita perlu khusuk dalam mengerjakan sholat baik yang fardhu (wajib) ataupun yang sunnah. ada beberapa tip yang bisa kita lakukan agar kita bisa khusyu dalam mengerjakan sholat
  • tinggalkanlah semua kegiatan ketika adzan berkumandang
  • jangan pernah menunda-nunda sholat
  • kerjakan sholat di awal waktu
  • selesaikan semua aktifitas yang kita lakukan agar pikiran tenang
  • segeralah bersihkan badan dengan whudu
  • tenangkan pikiran ketika akan bertakbir allah akbar
  • allah akbar (allah maha besar) maka jangan pikirkan yang lain karena hanya allah swt yang maha besar, anggap aja yang lain kecil dan tidak perlu dlpikirkan ketika sholat karna pikiran kita hanya terpusat kepada allah swt
  • jadikan sholat sebagai media kumunikasi antara kita dengan allah swt
  • jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan sholat
  • jangan mengerjakan sholat ketika matahari terbit dan tenggelam karena pada itu di ikuti oleh setan
semoga ibadah kita di terima allah swt
Allahu a’lam

wassalamu alaikum wr. wb.

1 komentar:

iyan1982 mengatakan...

thanks for postingannya agar kita selalu ingat akan shalat. sangat bermanfaat. keep post my friend. wassalam

Posting Komentar