Kamis, 17 Desember 2009

Menyambut 1 Muharram 1431 H





1 Muharam merupakan tahun baru islam, dalam kalender islam ( hijriah). Penentuan tahun pertama islam (hijriah) ini di tandai dengan hijrahnya Rosulullah Shollallahu 'alaihi wasallam dari makkah ke madinah. Penanggalan hijriah ini baru di buat pada masa kholifah Umar Bin Khattab sebelumnya pada masa Rosulullah Shollallahu 'alaihi wasallam sampai Abu Bakar ash shiddiq kaum muslimin masih menggunakan sistem kalender masehi, dan mengguakan peristiwa-peristiwa penting untuk menentukan tahun.
Pada penetapan nama dan tahun pertama penanggalan islam ada beberapa usulan kapan dimualai tahun pertamanya, beberapa usulan muncul sebagian mengusulkan dimulai dari tahun kelahiran nabi Muhmmad Shollallahu 'alaihi wasallam dengan nama kalender miladiyah, ada pula yang mengusulkan dimulai ketika Nuzunul Qur'an dengan nama Nuzuliyah Qur'aniyah. Selain itu masih ada usulan yang lain yaitu dimulai dari wafatnya Rosulullah Shollallahu 'alaihi wasallam, usulan  terakhir dimulai ketika hijrahnya Rosulullah Shollallahu 'alaihi wasallam dari makkah ke madinah  dan usulan terakhir inilah yang akhirnya di setujui  sebagai kalender islam dengan nama kalender Hijriah.
Kini kita tinggal menggunakan tidak ikut susah payah dalam pembuatan, selayaknya kita semua berterima kasih kepada meraka semua yang telah menyelesaikan pembuatan kalender tersebut yang hingga kini digunakan kaum muslimin untuk menentukan hari-hari besar dan peristiwa-peristiwa penting dalam islam.
Tidak terasa kini kita telah di penghujung akhir tahun, mari kita tengok sebentar apa yang telah kita kerjakan di tahun ini, kita banyak berbuat kebaikan atau banyak dosa yang telah kita perbuat. Mari kita ambil pelajara-pelajaran yang dapat kita petik dari tahun ini untuk kehidupan yang lebih baik di tahun mendatang. Perlu kita persiapkan untuk menyambut tahun ini bengan berbagai persiapan untuk menghadapi tahun depan agar lebih baik dari tahun ini.
Tidak perlu kita berpesta pora untuk menyambut tahun hijriah karena itu bukan budaya islam. Mari kita sambut tahun baru hijriah 1431 H ini yang akan jatuh pada tanggal 18 desamber 2009 dengan  lebih mendekatkan diri kepada Allah  Sabhana wa ta'alla, mari di akhir tahun ini kita berdoa untuk mengharapkan ampunan kepada  Allah  Sabhana wa ta'alla atas semua dosa-dosa yang telah kita lakukan pada tahun ini, dan mari kita memohon kehidupan yang lebih baik untuk tahun depan kepada Allah Sabhana wa ta'alla.

Bismillahirrahmanirrahim,
Semoga kita bisa berjalan lurus di jalan Allah Sabhana wa ta'alla


0 komentar:

Posting Komentar