Sabtu, 12 Desember 2009

Sholat Dhuha




 Slolat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang di anjurkan, shalat dhuha sering di sebut sebagai sholat untuk memohon  rizki. Waktu sholat dhuha ialah pagi hari mulai dari ketika matahari sedang naik kira-kira antara jam tujuh sampai sebelum waktu dhuhur. Mengenai cara mengerjakanya sama aja dengan sholat yang lainya hanya saja niatnya yang berbeda. Untuk jumlah rakaat sholat dhuha bisa dikerjakan dua rakaat sampai duabelas rakaat dengan tiap dua rakaat salam.
Sholat dhuha banyak sekali keutamaanya diantaranya sebagai pembuka rizki, Rosulullah saw bersabda di dalam hadist Qudsi: Allah berfirman; " wahai anak adam, janganlah sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada permulaan siang (sholat dhuha) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhan pada akhir harinya(sore hariny)"( HR.Hakim dan Tabrani). sholat dhuha dapat mencukupi sedekah bagi tiap-tiap ruas tulang hal ini berdasakan sabda Rosulullah  "Tiap pagi ada kewjiban sedekah bagi tiap-tiap ruas tulang  kalian, setiap tasbih ada sedekah, setiap tahmid ada sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintah kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan melakukan dua rakaat sholat Dhuha" (HR. Muslim). sholat Dhuha adalah sholat orang yang bertaubat Rsulullah saw bersabda sholatnya orang bertaubat adalah pada saat berdirinya anak unta karena teriknya matahari (HR. muslim) Sholat yang di maksud adalah sholat dhuha pada saat terik matahari.
Untuk jangan malas-malas untuk mengerjakan sholat sunnah salah satunya sholat  sunnah Dhuha.

wassalamu'alaikum Wr.Wb

2 komentar:

ekosulistio mengatakan...

aku ga pernah shalat dhuha sob... dulu pernah saat praktek di skul aja... :(

artikel psikologi mengatakan...

Mari mulai dari sekarang untuk rajin mengerjakan sholat sunah baik sholat dhuha dan lainnya. untuk kehidupan kelak di akhirat.

Posting Komentar